Ketua PDIP Aceh Singkil, Setuju ALA ABAS jadi Provinsi

pemekaran Provinsi Aceh

topmetro.news – Isu pemekaran Provinsi Aceh Lauser Antara (ALA) dan Aceh Barat Selatan (ABAS) kini menjadi topik hangat di ‘Bumi Serambi Mekah’ Aceh.

Menyoal perkembangan isu tersebut membuat Ketua DPC PDIP Aceh Singkil yang juga aktif sebagai anggota DPRK Taufik angkat bicara. Kepada reporter topmetro.news Taufik mengatakan bahwa ia sangat mendukung pemekaran ALA ABAS menjadi provinsi.

“Secara pribadi dan partai saya sangat mendukung akan pemekaran ALA ABAS. Karena akan berpengaruh besar terhadap perkembangan daerah dan pertumbuhan ekonomi,” ucap Taufik, Kamis (1/10/2020).

“Apalagi seperti yang kita ketahui, dengan mekarnya provinsi ALA ABAS tentu akan mempersingkat waktu menuju pusat pemerintahan,” sambungnya.

Lanjut Taufik, untuk memenuhi kriteria pemekaran ALA ABAS tersebut Kabupaten Aceh Singkil sangat potensial sekali. “Terlebih pada keberadaan sumber daya alamnya,” tutur Taufik.

Ia mengatakan, Kabupaten Aceh Singkil memiliki jalur cepat menggunakan transportasi laut maupun darat, bila permintaan masyarakat ini bisa diamini. “Secara otomatis segala lining sektor bisa meningkat,” katanya.

“Mengenai kecemasan kawan-kawan pada sektor adat istiadat, saya rasa itu tidak sulit. Adat-istiadat kita samakan persepsi tetap dipegang Wali Nanggroe. Karena bagaimanapun ALA ABAS masih Aceh juga,” imbuhnya.

ALA ABAS Kepentingan Rakyat

Hal senada juga disampaikan oleh Zazang Nurdiansyah, Ketua Barisan Pemuda Aceh Singkil (BAPAS), yang dimana dikatakannya, pemekaran ALA ABAS bukan kepentingan elit politik. Akan tetapi kepentingan orang banyak.

“Saya selaku Ketua BAPAS meminta Plt Gubernur Aceh supaya mengusulkan terkait pemekaran ALA- ABAS ke kemendagri. Karena masyarakat sudah merindukan pemekaran itu,” katanya.

Ia menambahkan, wacana pemekaran ALA sudah mulai dari tahun 1999. Sedangkan ABAS sudah ada wacananya sejak tahun 2003.

“Dengan pemekaran provinsi baru ALA ABAS dapat menjalankan roda perekonomian dan pembangunan infrastruktur. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah tengah dan barat selatan,” jelasnya.

ALA ABAS adalah gabungan kabupaten yang berada di bagian barat selatan Provinsi Aceh yang terdiri dari Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Subulussalam, dan Aceh Singkil. Di mana sejak dulu memang sudah sering digaungkan untuk dimekarkan menjadi provinsi. Yang mana menurut pandangan tokoh tokoh ALA ABAS, akan memberikan dampak positif nantinya terhadap perkembangan daerah itu sendiri.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment